Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tong sampah yang bisa memberikan Uang

Kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan dan peduli terhadap pencemaran lingkungan butuh usaha yang keras dan memang tidak mudah untuk mengajarkannya. Tetapi mungkin bisa berhasil bila masalah "kesadaran" ini diberi sedikit uang dan inilah yang dilakukan oleh pemerintah Cina.

Kotak mesin daur ulang (recycling machine) yang diletakkan di tengah kota ini pasti akan membuat masyarakat berbondong-bondong untuk rajin membuang sampah, khususnya untuk sampah alumunium dan plastik yang mempunya kode bar (barcode) seperti kaleng minuman dan lainnya.
Bagaimana tidak, karena setiap sampah yang "diterima" oleh mesin ini maka anda akan mendapatkan 0,1 yuan atau sekitar Rp. 132,-. Setelah meluncurkan mesin daur ulang ini, dalam seminggu pertama mereka bisa mengumpulkan sebanyak 3.000 botol kosong,

Memang sepertinya kurang mendidik tapi kalau memang bisa membuat negara China menjadi bersih apalagi menjelang Olimpiade 2008, kami yakin pemerintah Cina tidak keberatan untuk mengeluarkan sedikit uang.

sumber 15meh.blogspot.com

1 komentar untuk "Tong sampah yang bisa memberikan Uang"

  1. coba di indonesia mempunya ide brilian gini pasti sungai lingkungan akan bersih. tp, kayaknya cuma bisa kagum aja tapi t bisa merealisasikannya...

    BalasHapus