Apa yg Terjadi pada Ikan Kalau Petir Nyamber Danau


Apakah ini itu - Pendahuluan

Petir tercipta oleh muatan negatif di bagian bawah awan yang tertarik oleh muatan positif objek2 di atas bumi. Petir yg nyamber sebuah danau bisa aja membunuh ikan2 di dalemnya, sama kayak membunuh manusia. Tapi, ikan2 itu lebih ke arah ga bisa gerak sementara gara2 sengatan listrik dari petir.


Gimana "Cara Kerja" Petir?
Ane rasa sebagian besar kaskuser uda tau gimana petir "bekerja". Ketika awan badai mengumpulkan muatan negatifnya yg sangat kuat itu, sebuah lajur turun dari awan tersebut. Lajur ini ga keliatan dan terdiri dari step2 yg bentuknya zig-zag. Tiap step panjangnya kira2 150 kaki (sekitar 45,72 meter). Ketika ujung dari lajur tersebut menyentuh sebuah objek bermuatan listrik positif dalam radius 150 kaki itu, sebuah kanal elektrik terbentuk. Si objek ini ngirim sebuah arus naik ke awan melalui lajur, dan awannya ngebales dengan sebuah kejutan listrik yg sangat terang dan panas, yg kita kenal sebagai petir.

Efek2 Petir
Sebuah ledakan petir bisa nyamber tanah hanya dlm waktu 1 detik. Ketika petir mulai menyambar, suhu udara di sekitarnya naik sampe 5 kali lipat suhu matahari. Karena peningkatan suhu yg luar biasa ini, udara di sekitarnya bergetar dan memuai, membuat suara ledakan yg kita kenal sbg halilintar. Dalam kasus ikan, ikan2 yg lbh besar akan menyerap muatan listrik lebih banyak daripada ikan2 yg lbh kecil ketika petir nyamber danau.

Ikan dan Petir
Jika seekor ikan menyerap muatan listrik yg sangat fatal, ia akan mati mendadak. Namun, alasan kenapa kebanyakan ikan di danau ga mati ketika petir nyamber danau adalah karena arusnya berjalan ke segala arah saat menyentuh permukaan air. Hal ini menyebabkan sebagian besar muatan listrik ternetralisasi. Pengecualian terjadi di Marietta, Georgia. Samberan petir membuat ganggang di dasar danau mengapung sehingga "mencekik" ratusan ikan di dalamnya.http://apakah-ini-itu.blogspot.com

Percobaan Listrik pada Ikan

Departemen SDA Minnesota melakukan sebuah percobaan dimana penelitinya menggunakan generator untuk melepaskan arus listrik ke danau Minnesota buat ngetes efek petir pada ikan. Ikan2 di deket daerah pelepasan arus listrik pada ga bisa bergerak (immobilized), tapi beberapa saat kemudian mereka bisa bergerak lagi.


Sumber: http://www.ehow.com/info_8778073_can...kill-fish.html

Bagaimana Komentar Anda?

Yuk Liat Yang Unik Lainnya



Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...