Bagian-bagian Tubuh yang Diuntungkan Saat Main Sepakbola


Sepakbola adalah olahraga yang paling banyak penggemar. Saat berlari-lari dan menendang-nendang bola, ada bagian-bagian tubuh yang sangat diuntungkan dari aktivitas ini. Apa saja?



Sepakbola tidak hanya menawarkan sesuatu yang menarik, efisien dan menyenangkan, tapi memberikan manfaat lain karena melibatkan gerakan percepatan, melompat, berputar, berbalik dan menendang.

Studi menunjukkan melakukan olahraga sepakbola selama 2-3 jam dalam seminggu bisa memberikan peningkatan yang signifikan dalam hal kesehatan, kekuatan, kebugaran dan daya tahan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari olahraga sepakbola, seperti dikutip dari Lifemojo, Kamis (14/7/2011) yaitu:

1. Menguatkan otot
Sepakbola sangat bagus untuk kekuatan otot secara keseluruhan karena permainannya secara konstan melibatkan gerakan otot untuk jangka waktu yang lama, seperti mengejar lawan, menendang atau melompat.

2. Kesehatan kardiovaskular
Olahraga ini melibatkan perubahan secara konstan dalam hal berjalan dan berlari yang membantu jantung bekerja lebih efisien. Selain itu juga menurunkan tekanan darah dan meningkatkan penyerapan oksigen maksimal (VO2max). Tapi sebaiknya seseorang bisa mendeteksi kemampuan dirinya agar tidak overtraining.

3. Menguatkan tulang
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berpartisipasi dalam olahraga beban seperti sepakbola bisa membantu membangun dan memelihara tulang agar tetap sehat dan kuat serta mencegah osteoporosis.

4. Menurunkan berat badan
Bermain sepakbola selama 45 menit kemungkinan bisa membakar sekitar 350 kalori. Hal ini juga meningkatkan metabolisme sehingga tetap membakar kalori selama 48 jam setelah bermain.

5. Meningkatkan koordinasi, kelincahan dan keseimbangan
Sepakbola melibatkan gerakan kompleks seperti menggiring bola, mengubah arah secara cepat dan melewati lawan pada berbagai kecepatan yang membantu meningkatkan koordinasi tubuh, kelincahan dan keseimbangan. Sedangkan menendang dan menerima operan bola turut meningkatkan koordinasi tangan dengan mata.

6. Menghilangkan stres
Sepakbola memiliki efek positif terhadap perasaan, sehingga meningkatkan suasana hati (mood), harga diri, mengurangi stres dan membantu tidur lebih nyenyak. Kondisi ini akan mempengaruhi kesehatan secara menyeluruh.

sumberhttp://www.detikhealth.com/read/2011/07/14/090952/1680930/766/bagian-bagian-tubuh-yang-diuntungkan-saat-main-sepakbola?881104755

Bagaimana Komentar Anda?

Yuk Liat Yang Unik Lainnya



Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...