Helm Bisa Membuat Tuli???

helm in 300x225 Waduh, Helm Bisa Membuat Tuli
Perdebatan mengenai penting-tidaknya menggunakan helm terus berlanjut. Kini, kubu yang tidak senang menggunakan helm mengajukan alasan medis yakni helm motor dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Bath dan Bath Spa University ini mengambil tajuk ‘Aeroacoustic Sources of Motorcycle Helmet Noise’ mengungkapkan kalau penyebab tuli itu bukan lah dari suara deru mesin motor, melainkan dari bunyi yang dihasilkan oleh udara yang melewati helm mereka.
Bahkan menurut para peneliti ketika pengendara mengendarai motor dengan kecepatan pelan dan sesuai aturan pun pengendara sepeda motor mungkin terpapar tingkat kebisingan yang tidak aman.
Dalam melakukan studi tersebut, para ilmuwan asal Inggris ini menempatkan helm pada kepala manekin yang lalu diletakkan dalam sebuah terowongan angin. Kipas besar lalu diyalakan untuk menciptakan angin dan situasi kebisingan sesuai situasi sebenarnya.
Dengan menempatkan mikrofon di berbagai lokasi, para peneliti menemukan bahwa area bawah helm dan dekat dagu merupakan sumber signifikan dari suara angin yang bisa mencapai gendang telinga seorang pengendara.
Tim juga meneliti bagaimana sudut helm dan kecepatan angin mempengaruhi kebisingan bunyi yang dihasilkan tersebut.
“Secara intuitif jelas bahwa memakai helm akan mengubah cara bagaimana orang merasakan suara. Ada banyak hal dan aspek psikologi untuk memahami proses ini,” ungkap para peneliti.
Namun meski begitu, para peneliti ini juga mengakui kalau para pengendara yang menggunakan helm juga berkurang risikonya ketika terjadi kecelakaan fatal terutama pada risiko patah tulang leher dan cedera di tengkorak.
Adapun menyelesaikan masalah gangguan pendengaran tadi, sumbat telinga sangat dianjurkan.


Bagaimana Komentar Anda?

Yuk Liat Yang Unik Lainnya



Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...