Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dasar-dasar Mnemonic (Metode Menghafalkan Sesuatu Dengan Cepat)

Apakah ini itu - Mnemonic berasal dari bahasa Yunani, "Mnemosyne", yang berarti Dewi Memori. Yang dimaksud Mnemonic adalah menghafalkan sesuatu dengan "bantuan". Bantuan tersebut bisa berupa singkatan, pengandaian dengan benda, atau "linking" (mengingat sesuatu berdasarkan hubungan dengan suatu hal lain), dan masih banyak metode lain. Contoh Mnemonic yang paling populer adalah "MEJIKUHIBINIU" (Merah-Jingga-Kuning-Hijau-Biru-Nila-Ungu) yang digunakan untuk menghafalkan warna pelangi.

Dasar-dasar Mnemonic (Metode Menghafalkan Sesuatu Dengan Cepat)

Masih ingat penampilan Denny Darko menghafalkan 30 angka pilihan penonton dan menjumlahkannya?!.Apakah dia menggunakan photographic memory (menghafal gambar) atau dengan Metode ini ??Ane lum tahu pasti, terserah persepsi agan masing2 aja.Tapi yang pasti Joe Sandy ane yakini menguasai Metode Mnemonic ni, sebagai bukti terlihat dari salah satu aksinya di acar The Master dengan menunjukkan kemampuan super memori untuk menghafalkan urutan 52 kartu.

Oke Kelincihilang, sedikit berbagi buat agan cara mempelajarinya.Ini adalah trik Magic yang menggunakan ingatan kita. Caranya yakni merubah urutan angka tersebut menjadi sebuah kata. Umpamakan angka menjadi huruf berikut :

1 = T , D
2 = N
3 = M
4 = R
5 = L
6 = J,G (ex : engine) ,Ch,Sh,Zh,Z
7 = K,G (ex : good),C,Q
8 = F,V
9 = P,B
0 = S,Z
(Untuk Huruf Vokal silahkan agan variasikan sendiri agar menjadi sebuah kata yang mudah di ingat)

Caranya :
misal ada angka 34713720 ,pertama bagi tiap 2 angka.
jadi, 34-71-37-20 ,lalu bikin kata2 dari angka itu dengan cara di atas.

34=MaRi
71=KiTa
37=MaKan
20=NaSi

Nah jadi dapat kita baca MARI KITA MAKAN NASI . Trik ini membutuhkan latihan berkali2 agar cepat menentukan kata2nya.

Tambahan :
Thread ini cuma dasar dari mempelajari Mnemonic karena Mnemonic juga termasuk salah satu magic dengan tingkat kesulitan yang tinggi.Hanya dengan kemauan agan untuk mau banyak-banyak berlatih untuk dapat menguasai trik ini dengan sempurna.

Intermezo :
Tanpa bermaksud apa2, Kelincihilang dari jaman SMA kelas 1 mengenal metode ini, dan Alhamdulillah nilai2 ane bisa terbilang bagus, bahkan mpe ane kuliah sekarang (inget, ane ga berniat gimana2, cuma sekedar share aja). Jadi metode ini cocok buat agan yang masih sekolah dan kuliah, apalagi yang ga suka dengan hapal2an.Tapi buat agan2 yang lain juga bisa koq yang ingin cepet menghapal sesuatu.Berminat?Silahkan dipelajari!

Akhir kata, Terima Kasih.Semoga Bermanfaat ...

MAU DAPAT INFORMASI TERBARU DARI APAKAH INI ITU?
KLIK AJA TOMBOL LIKE NYA..

ATAU FOLLOW TWITTERNYA

@apakahiniitu
sumber:kaskus.us

Posting Komentar untuk "Dasar-dasar Mnemonic (Metode Menghafalkan Sesuatu Dengan Cepat)"