Dari Mana Asalnya Anjing?

Dari Mana Asalnya Anjing?
Apakah ini itu - Data genetika, morfologi dan perilaku jelas menunjukkan bahwa anjing adalah keturunan serigala, namun para ilmuwan belum menemukan kata sepakat di belahan dunia manakah proses domestikasi itu berawal. Kini peneliti di KTH Royal Institute of Technology, Swedia, menyatakan punya bukti kuat bahwa serigala yang menjadi nenek moyang anjing dapat ditelusuri hingga ke sebelah selatan Asia Timur.

Temuan ilmuwan Swedia ini bertentangan dengan teori yang menempatkan Timur Tengah sebagai asal muasal garis keturunan anjing. Peter Savolainen, peneliti KTH dalam genetika evolusi mengatakan, studi baru itu mengkonfirmasi bahwa kawasan Asia di selatan Sungai Yangtze merupakan tempat manusia pertama kali mendomestikasi serigala.

“Analisis DNA Kromosom Y yang kami lakukan mengkonfirmasi bahwa serigala pertama kali didomestikasi di selatan Sungai Yangtze, kami menyebutnya kawasan ASY, di selatan Cina atau Asia Tenggara,” kata Savolainen.

Data Y tersebut mendukung bukti sebelumnya dari DNA mitokondria. “Jika digabungkan, dua studi itu menyediakan bukti yang sangat kuat bahwa anjing berasal dari kawasan ASY,” kata Savolainen.

Data arkeologi dan genetik yang baru saja dipublikasikan dalam Nature menunjukkan bahwa anjing berasal dari Timur Tengah. Namun Savolainen menolak pandangan itu.

“Karena tak ada satu pun dari studi itu yang memasukkan sampel dari kawasan Asia Sungai Yangtze,” ujarnya.

Bersama sejumlah peneliti Cina, Savolainen menganalisis DNA anjing jantan dari seluruh dunia. Studi mereka dipublikasikan dalam jurnal Heredity.

Separuh dari kolam gen anjing tersebar secara universal ke seluruh dunia, namun hanya kawasan ASY yang mempunyai seluruh kisaran keanekaragaman genetik.

“Ini memperlihatkan bahwa kolam gen di seluruh wilayah di dunia besar kemungkinan berasal dari kawasan ASY,” kata Savolainen. “Hasil riset kami mengkonfirmasi bahwa bagian selatan Sungai Yangtze di Asia sangat penting, dan mungkin satu-satunya wilayah domestikasi serigala, dan banyak pula serigala yang didomestikasi.”

MAU DAPAT INFORMASI TERBARU DARI APAKAH INI ITU?
KLIK AJA TOMBOL LIKE NYA..

ATAU FOLLOW TWITTERNYA

@apakahiniitu
sumber

Bagaimana Komentar Anda?

Yuk Liat Yang Unik Lainnya



Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...