Perubahan Iklim, Beruang Kutub Menjadi Kanibal

Apakah ini itu - Foto mengejutkan tiba dari Laut Barents, Svalbard, Norwegia. Seorang peneliti, Jenny Ross, menangkap momen seekor beruang kutub yang tengah memakan sesamanya.

Perilaku kanibalisme ini disebutkan Ross memang kadang terjadi di kehidupan beruang kutub. Namun, akhir-akhir ini perilaku itu makin bertambah karena mereka mulai kesulitan mendapat sumber makanan. Beruang dewasa bukan hanya memakan beruang dewasa lain, tapi juga anak beruang.

Hasil riset Ross yang dipublikasikan lewat jurnal Arktik menyebut, "Ketika es mulai pecah dan mencair di musim panas, area es di sekitar Kepulauan Svalbard menyusut menjadi pecahan-pecahan kecil. Di beberapa area malah ada yang hilang sama sekali," ujar Ross.

"Ketika area es yang bisa digunakan beruang es menyusut, maka anjing laut (makanan beruang es) makin sedikit. Membuat perburuan beruang kutub makin menurun. Jadi, saat ini beruang muda menjadi sumber makanan yang memungkinkan buat beruang jantan dewasa."

Dalam foto-foto kanibalisme beruang kutub yang diambil oleh Ross, terlihat seekor beruang es jantan tengah menarik bangkai beruang es yang lebih kecil. Dengan rahang kuat dan tenaga yang lebih besar, si beruang dewasa menyeret bangkai itu dari satu pecahan es ke pecahan es lainnya.

Saat Ross mendekat dengan kapal, si beruang dewasa langsung bangkit dan menunjukkan dominasi atas bangkai tersebut. Sementara tak jauh dari peristiwa kanibalisme itu, terlihat seekor beruang lainnya yang diperkirakan induk dari beruang yang dimakan.

"Memakan beruang lain adalah salah satu cara mendapat makanan, ini hal yang cukup mudah buat beruang yang lebih dewasa. Dan karena kondisi es yang hilang saat ini, perilaku seperti ini akan semakin jamak dilakukan," kata Ross lagi.
















ATAU FOLLOW TWITTERNYA

@apakahiniitu
sumber

Bagaimana Komentar Anda?

Yuk Liat Yang Unik Lainnya



Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...