Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ESEMKA, Mobil Lokal Buatan Anak Negri

ESEMKA, Mobil Lokal Buatan Anak Negri
Apakah ini itu - Nasional Esemka menjadi buah bibir akhir-akhir ini setelah walikota solo Jokowi menjadikanya sebagai kendaraan dinas resmi. Jokowi memang dikenal sebagai walikota yang brilian dalam beberapa hal, dan untuk penggantian Mobil Dinas nya dari sebelumnya Toyota Camry ke Mobnas Esemka mungkin baru satu-satunya kepala daerah yang melakukanya.

Mobnas Esemka merupakan Mobil Rakitan Buah karya pelajar Smk negri 2 Surakarta.spesifikasi esemka rajawali ini adalah menggunakan mesin bensin dengan kapasitas silinder 1.800 cc, 2.000 cc dan 2.200 cc, serta mesin diesel 2.500 cc. Esemka Rajawali memiliki kisaran harga Rp140 juta sampai dengan Rp175 juta. Sementara yang di pake sebagai mobil dinas wali kota solo jokowi adalah jenis mobil esemka rajawali dengan kapasitas silinder 1.500 cc dengan empat silinder plus sistem bahan bakar injeksi.

Basic mesin Esemka Rajawali ini adalah KIA, yang dulunya di pakai untuk mobil Timor. Mesin ini bisa menghasilkan 105 tenaga kuda pada putaran mesin 5.500 rpm, Esemka Rajawali mampu memuat tujuh penumpang dengan fitur-fitur terkini seperti power window, AC dual zone, power steering, central lock, sistem audio dengan CD, dan juga sudah dilengkapi dengan sensor parkir.

Sebelumnya Mobnas Esemka ini pernah menyita perhatian saat ikut serta dalam pameran Pendidikan Nasional pada tahun 2009, dan ternyata kini Esemka kembali menyita perhatian setelah Walikota solo memakainya sebagai kendaraan dinas.

sebagai negara yang besar Indonesia memang belum mampu membuat merk,mobnas yang tangguh. sebagaimana Malaysia dengan Proton,atau india dengan Tata Nano nya semoga Mobnas Esemka ini sebagai langkah awal menuju itu semua .



ATAU FOLLOW TWITTERNYA

@apakahiniitu
sumber:http://ciungtips.blogspot.com/2012/01/mengenal-mobil-nasional-esemka.html

6 komentar untuk "ESEMKA, Mobil Lokal Buatan Anak Negri"

  1. wah mobil buatan anak SMK memang bagus, kreatif..

    lanjutkan buktikan kalau indonesia juga bisa buat mobil...

    BalasHapus
  2. wah hebat juga ne
    diperjual belikan ga' om??

    BalasHapus
  3. Pejabat yang patut ditiru oleh yang lainnya,,,,,,
    siapa lagi yang akan memajukan produk dalam negeri kalau bukan kita semua. Buatan anak SMK lagi ...

    Happy blogging

    BalasHapus
  4. semoga mobil ini menjadi awal dari dari kebangkitan produk dalam negeri khususnya tekno

    BalasHapus
  5. wiii... keren dha' ...
    saya jg mau buat mobil -mobilan aaah ... :D

    BalasHapus
  6. dari dulu INdonesia sudah bisa bikin pesawat,mobil apalagi,maju terus

    BalasHapus