Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ngantuk? Atasi Dengan Cara Ini

Bagaimana cara Mengatasi Ngantuk?? (yang sering ngantuk masuk)

Apakah ini itu - Banyak yang menganggap bahwa rasa kantuk merupakan musuh bagi sebagian orang yang memiliki aktivitas yang padat. Dan apabila rasa kantuk tiba-tiba menyerang, rasanya tidak hanya akan merasa malas, akan tetapi juga akan menimbulkan sulitnya berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu. Apalagi bagi kamu yang senang bergadang atau hang out dan pulang sampai pagi, sedangkan besok pagi kamu harus kerja, atau kuliah!!. Nah, kamu tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut lagi. Kali ini ane akan membantu agan sekalian untuk mengatasi rasa kantuk yang sering menyerang aktivitas agan. Selamat mencoba!

1. Tidur siang lebih cepat
Ada pendapat bahwa tidur kurang dari 30 menit di siang hari dapat membuat tubuh akan merasa lebih lelah lagi dibandingkan tidak tidur siang sama sekali. Padahal menurut para ahli di Harvard University berpendapat bahwa, tidur siang 1-1,5 jam di penghujung siang dapat membuat pikiran kamu merasa lebih jernih. Coba kamu curi-curi waktu atau kamu sisakan waktu luang disela-sela kamu beraktivitas untuk tidur sejenak.

2. Berdiri tegak dan posturkan tubuh lebih baik.
Mungkin kamu mendengar sedikit aneh, tapi apabila kamu selalu memposturkan tubuh kamu dengan baik, entah dalam keadaan duduk ataupun berdiri dengan tegak kamu dapat menghemat tenaga kamu. Postur tubuh yang buruk akan melelahkan otot, ligament, dan sendi kamu harus bekerja lebih keras dibandingkan ketika tubuh lurus secara tepat. Dengan demikian tubuh kamu akan merasa lebih cepat merasa lelah juga akan menurunkan aliran darah dan oksigen ke otak sampai 30%.

3. Kunyah Bubble gum
Coba kamu coba biasakan mengunyah sesuatu setiap dua jam sekali. Daripada kamu mengunyah makanan dan membuat tubuh kamu bengkak, coba kamu ganti dengan mengunyah permen karet. Apabila kamu mengunyah sesuatu kamu secara tidak langsung akan menguatkan otot kamu dan menstimulasi diri kamu agar tidak merasa ngantuk. Whatzup.com menyarankan kamu untuk memilih permen karet yang memiliki rasa mint agar kamu juga merasa lebih segar.

4. Ngemil makanan sehat setiap dua jam sekali
Para ahli berpendapat apabila kamu membiasakan mengunyah makanan setiap dua jam sekali, akan membantu gula darah dalam tubuh kamu tetap stabil. Hasilnya, ladar energi akan tetap tinggi sepanjang hari. Coba kamu konsumsi snack atau makanan ringan yang tinggi protein dan jangan kamu konsumsi makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi. Makanan bergula akan membangkitkan energi secara cepat tetapi akan menurunkannya dengan cepat pula sehingga dapat membuat tubuh kamu lebih lelah dibanding sebelumnya.

5. Latihan Pernafasan
Menghela nafas dalam 30 detik, akan mengisi paru-paru dari atas sampai dasar. Sehigga dapat membantu tubuh kamu tetap terjada karena mengisi darah dengan oksigen.

6. Self talk
Self talk merupakan salah satu cara untuk menimbulkan sugesti yang baik untuk diri kamu agar tetap berfikir positif. Program ini merupakan program pikiran bawah sadar yang dilakukan dengan cara self talk secara persisten. Self talk yang harus dilakukan adalah “Saya tidak akan tidur waktu bekerja” atau “Saya selalu terjaga dalam belajar!”. Coba kamu lakukan sesering mungkin dan se-intens mungkin sehingga pikiran tersebut benar-benar menjadi bagian dalam pikiran bawah sadar kamu. Bagian inilah yang nanti akan mengingatkan dengan keras saat kamu mulai merasa ngantuk. Sugesti ini juga yang akan “protes” apabila kamu mulai terlena dengan rasa kantuk.

Setidaknya, tips diatas dapat membantu agan mengusir rasa kantuk sesaat. Dan ingat!! Bukan berarti agan tidak perlu lagi istirahat. Tubuh bukan mesin yang terus-terusan dapat dinyalakan. Bagaimana pendapat agan?







ATAU FOLLOW TWITTERNYA

@apakahiniitu
sumber:http://www.osserem.me/2012/01/bagaimana-cara-mengatasi-ngantuk-yang.html

Posting Komentar untuk "Ngantuk? Atasi Dengan Cara Ini"