10 ciri tidak mencintai dirinya

Terlalu mencintai diri sendiri mungkin terlihat egois, tapi apakah mungkin kita hidup hanya untuk mencintai orang lain? Mementingkan keperluan pribadi bisa jadi bukanlah hal yang egois. Malah bisa jadi hal yang sangat penting. berikut adalah 10 ciri orang yang tidak mencintai dirinya :

1. Membiarkan orang lain memanfaatkanmu

Sesekali mungkin baik, ya itung-itung sobat sedang beramal kan :) tapi bagaimana jika terlalu sering orang memanfaatkan sobat? Pasti sobat juga akan merasa risih kan? “ya, namanya juga sama teman” mungkin begitu dipikiran sobat, tapi apakah hidup sobat bisa dinikmati jika sobat hanya dimanfaatkan orang :) mungkin sesekali menolak untuk keperluan sobat adalah sesuatu yang wajar.

 
2. Memberi lebih banyak daripada menerima

Kecuali kamu bekerja sosial atau bekerja di lembaga amal, terlalu banyak memberi dan menerima lebih sedikit dari yang sebenarnya pantas kamu dapatkan menandakan bahwa kamu kurang memiliki penghargaan terhadap diri sendiri. Keadaan ini sering terjadi ketika kamu ingin disukai dan diterima oleh orang lain sehingga kamu akan terus menerus memberi dengan harapan mendapatkan banyak pujian dan orang lain akan tertarik padamu. Lain halnya di dunia kerja, jika ini terjadi, maka itu berarti perusahaan tidak bisa menghargai dirimu.

3. Tidak memikirkan diri sendiri

Hampir sama seperti point nomor 1, mungkin baik jika sering menolong. Tapi jangan lupa terhadap kepentingan pribadi :)

4. Tidak memiliki rencana untuk masa depan

Hidup memang sulit untuk diperhitungkan, tapi apakah sobat mau untuk hidup yang begitu-begitu saja? atau mungkin sobat berpikir “ya mengalir saja seperti air”. Wah, parah sekali jika begitu. Sobat tidak mungkin kan mau hidup yang begitu-begitu saja? sobat ingin kan sukses? Jadi pikirkanlah mulai sekarang :)

5. Tidak menjelaskan terhadap orang lain tentang apa yang kamu inginkan dan butuhkan

Selain sering berkata ”aku tidak tahu” orang yang memiliki tanda ini juga sering berkata ”terserah kamu”. Mungkin kamu berpikir tidak ingin merepotkan orang lain atau tidak ingin menyakiti perasaan orang lain. Namun jika terus menerus kamu memendam keinginanmu, akan timbul rasa frustasi dan kesal dalam dirimu dan miskomunikasi dengan orang lain. 

6. Membatasi dirimu

Membatasi disini maksudnya adalah kamu menghalangi dirimu sendiri untuk berkembang. Kamu sudah menilai dirimu tidak bisa melakukan suatu pekerjaan padahal kamu belum pernah benar-benar melakukannya atau kamu merasa kamu tidak pantas mendapatkan orang yang kamu cintai. Pemikiran seperti ini tidak akan membuatmu menjadi manusia yang lebih baik karena kamu tetap hidup dalam zona nyamanmu. 

7. Menerima pengaruh yang buruk dari lingkunganmu

Lingkungan biasanya memiliki pengaruh yang besar pada perkembangan diri seseorang. Tetapi manusia yang bisa berpikir secara dewasa bisa membedakan mana pengaruh yang baik dan mana yang buruk. Menerima pengaruh yang buruk sama saja seperti tidak mencintai diri sendiri karena kamu melakukan suatu hal yang akan merugikan dirimu sendiri di masa mendatang.

8. Membiarkan orang lain mengatur hidupmu
Manusia pada dasarnya adalah makhluk yang merdeka. Mereka memiliki tubuh, jiwa, dan pikiran masing-masing. Sayangnya, banyak manusia hidup menjadi boneka yang dikendalikan oleh orang lain. Mereka selalu melakukan apa pun yang diperintahkan orang lain, baik atau buruk. Biasanya si pengatur adalah orang yang memiliki kedudukan tinggi atau bisa jadi, orang yang mereka cintai. Dasarnya adalah rasa takut. Takut kehilangan kedudukan atau orang yang mereka cintai. Jika kamu termasuk orang seperti ini, ketahuilah bahwa kamu adalah manusia modern, kamu tidak hidup di zaman ratusan tahun yang lalu, kamu berhak untuk mendapatkan kebebasan mengatur hidupmu sendiri.

9. Tidak berusaha memperbaiki kekuranganmu

Kamu mengetahui kekuranganmu tetapi kamu tidak berusaha untuk memperbaikinya. Kebiasaan dan tingkah laku yang buruk adalah sesuatu yang bisa kamu perbaiki ketika kamu sudah menyadarinya. Jangan selalu memakai alasan bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Memang selalu akan ada kekurangan, tidak peduli seberapa keras kamu berusaha. Namun memang itulah tujuan manusia hidup, untuk terus belajar. Live from zero to hero and die still as a hero.

10. Membenci kekurangan dan mengabaikan kelebihan dirimu

Manusia yang selalu menghabiskan waktu untuk mengeluh dan komplain mengenai kekurangannya, akan gagal melihat kelebihan yang sebenarnya ada pada dirinya. Bayangkan saja apabila Stevie Wonder dan Andrea Bocelli yang buta, Nick Vujicic yang tidak memiliki tangan dan kaki, atau Stephen Hawking yang syaraf motoriknya tidak berfungsi dengan baik, terus menerus meratapi cacat tubuhnya, apa mereka bisa menjadi figur-figur yang sukses? Tuhan itu adil, Ia tidak akan menciptakan manusia yang tidak bisa melakukan apapun. Manusia pasti memiliki jalan kesuksesannya masing-masing. Sekarang semuanya tergantung dirimu sendiri, sudahkah kamu berhenti mengeluh dan mencoba mengembangkan kelebihanmu?
 
jadi bagaimana? apakah sobat akan terus memikirkan orang lain atau mencintai diri sendiri dahulu baru memikirkan orang lain ? itu adalah pilihan :D
 

sumber: kaskus.us

 

Bagaimana Komentar Anda?

Yuk Liat Yang Unik Lainnya



Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...