Efek Jangka Panjang dan Jangka Pendek Jika Kurang Tidur

efek kurang tidur  
Efek Kurang Tidur - Bang Haji Roma irama sudah sering mengingatkan kita dalam lagu begadangnya bahwa begadang tidak baik. Ya, mungkin semua orang juga sudah tahu, tetapi tak jarang juga masih banyak yang melakukannya, seperti mahasiswa yang memang harus mengerjakan tugasnya dimalam hari atau jika memang sobat diharuskan begadang untuk mengerjakan sesuatu karena waktu deadline yang memang sudah dekat.

Asal gak sering-sering sih mungkin wajar, tapi tahukah sobat bahwa begadang itu mempunyai efek negatif baik dalam jangka pendek maupun jangka panjangnya? dan berikut adalah efek yang terjadi jika kita kurang tidur :


1. Efek langsungnya, ketika Anda terjaga dalam keadaan kaget karena mendengar suara alarm, Anda akan cenderung menjalani hari dengan mood yang kurang baik.

2. Seiring berjalannya hari, Anda akan merasa bingung dan mudah jenuh. Tidur dalam waktu yang singkat juga akan mengurangi kecepatan reaksi Anda, sehingga meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan mobil dan musibah lain.

Lalu apa efek jangka panjangnya?

3. Jam tidur yang berkurang dan terjadi secara rutin akan mengacaukan fungsi tubuh Anda. Salah satu buktinya, penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur bisa menurunkan kadar hormon leptin, yang membantu mengontrol nafsu makan. Akibatnya, kalau Anda kurang tidur, ada kemungkinan Anda akan makan berlebihan.

4. Kekurangan tidur juga akan meningkatkan kadar hormon stres, yang akan memaksa tubuh mengirimkan lebih banyak glukosa ke dalam aliran darah. Tubuh juga akan menjadi kurang sensitif terhadap insulin.

5. Itu saja? Ternyata tidak. Penelitian lain menunjukkan bahwa kurang tidur akan menghentikan produksi senyawa kimia tertentu dalam sistem kekebalan tubuh, yang menjaga tubuh dari kuman.

6. Kemudian, sebuah studi pada tahun 2009 juga mendapati bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam sehari akan meningkatkan peluang mengalami flu tiga kali lipat.

Berapa sebenarnya jam tidur Anda dalam sehari? Enam jam? Atau bahkan lima jam?

7. Ternyata, menurut penelitian lain, ketika mengurangi jatah tidur dari delapan jam menjadi enam jam sehari, Anda akan menimbulkan kadar peradangan kronis. Kondisi ini meningkatkan risiko berbagai problem lain, termasuk serangan jantung, stroke, dan osteoporosis.

Serem kan? daripada kita harus mengalami efek kurang tidur ini, mengapa tidak kita jauhi saja hal-hal yang membuat kita harus begadang. Tapi jika memang diharuskan ya mau gimana lagi. hehehee...




ATAU FOLLOW TWITTERNYA

@apakahiniitu
sumber:http://www.kotakhitamdunia.blogspot.com/2012/02/efek-jika-kurang-tidur.html

Bagaimana Komentar Anda?

Yuk Liat Yang Unik Lainnya



Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...