Tubuh Jarang Bergerak Dan Keseringan Duduk? Lakukan Tips Ini

Tubuh Jarang Bergerak Dan Keseringan Duduk? Lakukan Tips Ini
Tips Bugar Bagi Yang Jarang Bergerak dan Sering duduk - Sobat setiap hari bekerja di depan komputer? atau sobat suka main games online yang secara tidak langsung sobat diharuskan selalu duduk. Hal tersebut sangatlah tidak baik untuk kesehatan tubuh, apalagi jika sobat jarang bergerak dari tempat duduk tersebut. Agar posisi duduk sobat nyaman dan tidak mencegah tubuh agar tidak sakit karena keseringan duduk coba Tips Bugar Bagi Yang Jarang Bergerak dan Sering duduk yang mungkin akan dibutuhkan sobat yang sering duduk dan jarang bergerak.

Apa yang harus dilakukan agar tubuh tetap aktif saat duduk seharian? Berikut ini di antaranya.

1. Duduk tegak

“90-90-90” merupakan angka keramat bagi Anda yang duduk seharian. Angka ini berarti tapakkan kaki di lantai hingga lutut membentuk 90 derajat, demikian juga dengan pinggul Anda. Angka 90 mewakili sudut 90 derajat yang dibentuk punggung kaki, lutut dan pinggul. Bagi Anda yang bekerja di depan komputer, sesuaikan posisi keyboard dan mouse di ketinggian yang pas agar pergelangan tangan tetap lurus dan sikut menempel di bagian sisi tubuh.

2. Duduk di balance ball

Agar terbiasa untuk duduk dengan posisi di poin pertama, gantikan kursi kerja Anda dengan balance ball. Balance ball merupakan bola berbahan kuat yang biasanya digunakan saat berolahraga, seperti pilates. Duduklah di atas permukaan yang tidak stabil akan mengaktifkan otot-otot inti sepanjang hari.

3. Naik tangga

Alih-alih naik lift atau eskalator, pilihlah tangga agar otot kaki bergerak dengan aktif. Tak hanya otot kaki, otot-otot lain pun bekerja dengan luwes. Naik-turun tangga sebanyak 3-5 set dapat membakar banyak kalori.

4. Hindari telepon dan email

Anda sering berkirim email atau menelepon rekan kerja yang duduknya tidak jauh dari ruangan Anda? Cobalah luangkan waktu untuk menghampiri langsung dan berinteraksi secara face-to-face ketimbang harus berkomunikasi jarak jauh dan membuat tubuh kurang gerak.

5. Peregangan otot

Angkat kedua tangan ke atas kepala atau putar kepala dari pundak kanan ke kiri dan sebaliknya. Gerakan ini membantu peregangan otot untuk menghindari pegal-pegal dan kesemutan.

Untuk lebih baik jika sobat juga membatasi waktu duduk sobat, misalnya dengan melakukan gerakan-gerakan kecil seperti mengulet dan melemaskan badan agar tidak kaku selama 10 menit sekali, insyaallah tubuh sobat akan selalu bugar walaupun sering duduk berlama-lama.

semoga Tips Bugar Bagi Yang Jarang Bergerak dan Sering duduk dari apakah ini itu bermanfaat untuk sobat sekalian :D






ATAU FOLLOW TWITTERNYA

@apakahiniitu
sumber

Bagaimana Komentar Anda?

Yuk Liat Yang Unik Lainnya



2 komentar:

Opick Amikom mengatakan...

Tips yang menarik.. khusus buat bapak bapak bos.. yang jarang bergerak.. sehingga membuat perutnnya menjadi lebih buncit.. hehehehe

salam kenal sob. :)

Belajar Komputer mengatakan...

tips bagus nih buat para blogger yang lupa waktu online

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...